Jumat, Juli 26, 2024
Berita

IYD ke-3 Resmi Dibuka

Indonesian Youth Day ke-3 (IYD 3) secara resmi dibuka pada Senin, 26 Juni 2023, di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan. Seremonial pembukaan kegiatan yang mengambil tema “OMK Bangkit dan Bersaksilah” ini, diawali dengan defile peserta IYD 3 dari area ruang makan wisma atlet Jakabaring Sport City menuju GOR Dempo. PemDalam defile ini, OMK dari berbagai keuskupan dengan bangga menampilkan keanekaragaman budaya dan kekayaan bangsa Indonesia. Setiap keuskupan mengenakan pakaian adat daerah masing-masing beserta hiasan dan simbol budaya, sambil bernyanyi dan menari untuk mengekspresikan kegembiraan dan persaudaraan mereka sebagai Orang Muda Katolik.

Sesampainya di GOR Dempo, dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi Pembukaan dipimpin oleh Uskup Agung Palembang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono, sebagai tuan rumah, dan didampingi pula oleh 13 uskup lainnya, termasuk Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC, dan Ketua Komisi Kepemudaan KWI, Mgr. Pius Riana Prapdi. Perayaan Ekaristi Pembukaan dihadiri juga oleh ratusan imam konselebran dan umat Katolik dari Kota Palembang.

Dalam khotbahnya, Mgr. Yohanes Harun Yuwono mendorong OMK untuk mengambil teladan dari para kudus dalam Gereja dan belajar dari banyak pemuda Indonesia yang telah menjadi pahlawan nasional, seniman, dan atlet. Ia juga mengajak Orang Muda Katolik untuk terus memberikan kontribusi kepada Gereja dan Indonesia.

“Kita harus tetap bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia dan tanah ini. Tanah ini tidak layak dijarah oleh para koruptor,” ujar Mgr. Harun.

Di akhir khotbahnya, Mgr. Harun meminta Orang Muda Katolik untuk mengaminkan pernyataan: “Kami, Orang Muda Katolik, bangga dan setia pada iman Katolik dan ajaran Gereja! Kami bangga dan berkomitmen hidup jujur, adil, benar, dan menentang korupsi! Kami bangga menentang narkoba dan pergaulan bebas! Kami bangga menjaga lingkungan dan mempertahankan nilai-nilai kehidupan!”

Setelah Perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan Upacara Pembukaan secara resmi, yang dimulai dengan penampilan tarian khas Palembang “Gending Sriwajaya” dan sebuah drama yang mengisahkan tentang kabar sukacita yang diterima Maria dari Malaikat Gabriel dan kunjungannya kepada saudarinya, Elisabet.

IYD 3 secara resmi dibuka oleh Menteri Agama yang diwakili oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Katolik, Bapak Albertus Magnus Adiyarto Sumarjono.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *