Sabtu, Juli 20, 2024
Berita

Jambore Akbar SEKAMI Paroki Kapan: “Berjalan Bersama Membangun Iman Anak Melalui Semangat 2D2K”

Kapan, 23/6/2024 – Dengan mengusung tema “Berjalan Bersama Membangun Iman Anak Melalui Semangat 2D2K”, SEKAMI (Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner) Paroki Sta. Maria Immaculata-Kapan menggelar Jambore Akbar pertama. Kegiatan ini diikuti oleh 189 anak yang berasal dari wilayah, stasi dan Kapela yang ada di paroki ini.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 21 sampai 23 Juni 2024 ini, bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Doa, Derma, Kurban, dan Kesaksian dalam diri setiap peserta. Selama tiga hari, anak-anak diwajibkan menginap di tempat penginapan yang telah disediakan, dengan pendampingan dari para animator dan animatris. Mereka terlibat dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat dan mendidik, seperti Sharing Kitab Suci, permainan konsentrasi, aksi pungut sampah di sepanjang jalan desa, serta pembagian sembako kepada orang-orang yang membutuhkan. Bahan persembahan yang dibagikan dalam kegiatan ini dikumpulkan dari setiap anak, menunjukkan semangat berkurban yang ingin ditanamkan dalam diri mereka.

Jambore Akbar ini merupakan yang pertama kali diadakan di Paroki Sta. Maria Immaculata-Kapan dan ke depannya diharapkan akan menjadi agenda tahunan paroki. Tujuannya adalah agar kegiatan ini bisa memberi makna dan warna tersendiri bagi proses pembinaan dan pendidikan iman anak-anak sedini mungkin.

Puncak kegiatan jambore ini ditandai dengan misa bersama yang dilaksanakan pada Minggu, 23 Juni 2024. Misa ini dihadiri oleh seluruh peserta, para pendamping, umat dan juga para orang tua yang datang untuk menjemput anak-anak mereka. Sukacita yang nampak di wajah para peserta dalam misa penutupan ini menunjukkan bahwa kegiatan ini benar-benar memberikan pengalaman yang berharga dan berkesan bagi mereka.

Dengan kesuksesan Jambore Akbar ini, Paroki Sta. Maria Immaculata-Kapan berharap dapat terus mendukung dan mengembangkan iman anak-anak melalui semangat 2D2K, menciptakan generasi muda yang tidak hanya aktif dalam kegiatan gereja, tetapi juga memiliki kepedulian dan kasih sayang terhadap sesama.

***Fr. Fransiskus Rivandi Koa (Koordinator Sekami Paroki Sta. Maria Immaculata – Kapan)

 

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *