Jumat, Juli 19, 2024
Berita

DYK KAK 2024 Resmi Dibuka oleh Uskup Agung Kupang

Kupang, 1/6/2024 – Kegiatan Temu Orang Muda Katolik (OMK) tingkat Keuskupan Agung Kupang yang diberi nama Dioces Youth Day Keuskupan Agung Kupang 2024 (DYD KAK 2024) resmi dibuka pada Senin, 1 Juni 2024 oleh Uskup Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni. Rangkaian kegiatan ini akan berlangsung di Paroki St. Gregorius Agung Oeleta dari 1 hingga 5 Juli 2024. Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Mgr. Hironimus sendiri, yang kemudian dilanjutkan dengan seremonial pembukaan.

Dalam kotbahnya pada momen Ekaristi tersebut, Mgr. Hironimus mengajak segenap peserta DYK KAK 2024 untuk semakin mendekatkan diri kepada Yesus. Secara khusus, Mgr. Hironimus mengajak para peserta untuk merenungkan kembali apakah dewasa ini setiap orang yang menyatakan kesediaan mereka untuk mengikuti Tuhan sungguh-sungguh telah melepaskan semua kemapanan dan kenyamanan hidup mereka. Ia juga mempertanyakan apakah mereka yang mengaku hidup dalam pelayanan benar-benar bertindak sebagai orang-orang yang melayani dan bukan sebaliknya, yang menuntut untuk dilayani.

Uskup Agung Kupang itu juga mendorong para peserta untuk memeriksa cara dan gaya hidup masing-masing, yang mungkin dalam keseharian sering memberikan sesuatu tetapi bukan dari hati, bukan dari keseluruhan diri kepada orang lain terutama kepada mereka yang sangat membutuhkan.

Mgr. Hironimus berharap agar seluruh orang muda yang hadir semakin terdorong untuk dapat menemukan titik-titik dalam hidup dengan upaya-upaya yang konsisten untuk diterapkan dalam gaya hidup mereka. Ia menekankan pentingnya agar mereka dapat semakin efektif memantulkan dan memancarkan kebaikan kabar gembira keselamatan kepada orang lain.

Uskup yang ditahbiskan pada 9 Mei 2024 ini menggambarkan bahwa sebagaimana dahulu banyak orang berkumpul di sekeliling Yesus untuk mendengarkan kata-kata-Nya, untuk disembuhkan dari penyakit fisik dan spiritual mereka, serta mencari keselamatan dan nafas kehidupan abadi di tengah dunia yang hiruk pikuk dan penuh konflik, demikian pula dengan para peserta DYK KAK 2024. Uskup mengingatkan bahwa setiap manusia selalu membutuhkan bantuan Tuhan, uluran tangan kasih-Nya untuk memuaskan kerinduan dan dahaga hati manusia dengan hal-hal yang sejati seperti pengetahuan yang lebih baik tentang Yesus Kristus serta hidup dalam persahabatan dan cinta kepada-Nya dan juga kepada sesama.

Di bawah tema besar “Simak, Bijak, Berdampak“, kegiatan DYK KAK 2024 ini diharapkan akan menjadi momentum bagi orang muda Katolik untuk semakin mempererat persaudaraan, meningkatkan pengetahuan iman, dan memperkuat komitmen dalam pelayanan kepada sesama.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *