Minggu, Juni 16, 2024
Suara Gembala

“Kemuliaan kepada Allah dan damai Sejahtera bagi manusia”

Pesan Natal 2023

Uskup Agung Kupang

Saudara-saudari terkasih,

Pesta Natal hadir kembali dalam perjalanan iman kita. Kita bersyukur kepada Allah Bapa atas kebaikan hati untuk menganugerahkan lingkungan keselamatan dalam peristiwa kelahiran Putra-Nya Yesus Kristus. Kita bersukacita dalam kehidupan iman kita di tengah dunia yang sedang hiruk-pikuk dalam banyak hal yang menggelisahkan. Kita merasa prihatin karena gejolak sosial yang mengganggu kehidupan bersesama. Kita merasa sedih atas berbagai peristiwa yang menyedihkan kawasan kemanusiaan, khususnya peperangan, perdagangan orang dan peredaran narkotika. Kendati pun demikian, peristiwa kelahiran Yesus Kristus mencerahkan lagi dan meneguhkan pengharapan, agar kita mengupayakan kerjasama untuk mengadakan perbaikan hidup menuju keadilan dan perdamaian yang memajukan kesejahteraan bersama. Rasul Paulus berkata, “Hendaklah kamu sehati, sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, tanpa mencari kepentingan sendiri atau pujian yang sia-sia” (Fil 2:2-3).

Saudara-saudari terkasih,

Di tengah proses pencerahan Pemilu dalam kehidupan berbangsa, kita berjumpa dengan tantangan untuk menegakkan gaya perjuangan yang adil. Kita tetap memiliki kemauan bersama untuk menghadirkan proses yang baik, benar dan waras, agar perjalanan bangsa kita dapat terlaksana sesuai dengan panggilan untuk mensejahterakan masyarakat, khususnya mereka yang rentan. Oleh karena itu, kita perlu menemukan gaya hidup yang tepat, agar kedaulatan warga dapat tumbuh dengan kompetisi yang efektif dan bertanggung jawab. Pada gilirannya, masyarakat, termasuk umat Katolik, boleh berperan dalam memberikan suara bagi para calon yang sejatinya mampu menjaga, memelihara, menyuburkan dan mencerahkan kehidupan bersesama yang semakin adil dan sejahtera di masa depan. Kita hadir aktif dengan mengedepankan kepentingan bangsa dalam sikap dan tindakan konstruktif menuju Indonesia maju, sejahtera dan damai, karena “tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik” (2Tim 3:17)

Saudara-saudari terkasih,

Dalam kawasan hidup kita sehari-hari, kita berlaku sebagai warga yang gemar bersahabat dengan semua orang dan pada gilirannya membangun daya bersesama yang merangkul dan memperbaiki kehidupan demi kemaslahatan bersama. Dengan cara demikian, kita menghadirkan kebaikan peristiwa Natal yang membawa kedamaian dan sukacita bagi dunia. Kita juga berterima kasih atas niat baik semua orang untuk mengutamakan kegembiraan hidup di tengah perjuangan berat untuk menghadapi pelbagai tantangan dan halangan yang sulit. Dalam sukacita Natal, kita bangun kembali harapan akan persahabatan dengan Allah dan sesama dalam bingkai Pancasila, di mana ke-Tuhan-an merajai kemanusiaan yang adil dan beradab. Kita peduli satu sama lain dalam kehidupan berbangsa dan bergereja, agar insan pribadi Indonesia semakin mengalami martabat yang dianugerahkan Tuhan dalam keluhurannya. Demikian Natal menggemakan lagi tanda kehadiran Kemuliaan Allah dan damai sejahtera bagi manusia: “Kemuliaan kepada Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya” (Lk 2:14)

Saudara-saudara terkasih,

Sinode para Uskup di Roma sudah berlangsung dalam tahapan pertama dengan perhatian akan “persekutuan, partisipasi dan perutusan”. Sidang KWI 2023 telah usai dengan tema “Berjalan bersama menuju Indonesia damai” di tengah proses perhelatan untuk memilih pemimpin bangsa kita. Peristiwa-peristiwa menggareja dan berbangsa ini menuntun kita untuk bersyukur bersama dalam peristiwa Natal, warta sukacita dalam hidup kita sebagai murid-murid Kristus. Kita mengalami keagungan kasih Allah yang menggerakkan kita untuk belajar menjadi bijaksana menuju persaudaraan yang berkelanjutan secara manusiawi. Dalam semangat suka cita Natal penuh syukur ini, kita saling mengucapkan “Selamat Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024” dengan gembira sepenuh hati dalam pengharapan teguh. Sukacita Natal kiranya memenuhi hati kita dalam hidup keluarga dan persekutuan hidup iman kita. Yesus Kristus putra Allah yang menjelma menjadi manusia memberkati persekutuan hidup iman kita yang berwatak bersesama dalam kasih setia Allah!

Kupang, 8 Desember 2023

Salam dan Berkat

Mgr. Petrus Turang

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *