Kamis, Juli 25, 2024
Berita

Tutup Bulan Rosario, OMK Siolais Ziarah ke Gua Maria Nonohonis

Soe, 28-10-2023 ā€“ Masih dalam rangkaian Pesta Pelindung Kuasi Paroki Siolais dan untuk mengayati bulan Rosario, Orang Muda Katolik (OMK) Kuasi Paroki Santa Maria Reinha Rosari Siolais mengadakan ziarah bersama ke Gua Maria Nonohonis, pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023. Acara ini dihadiri oleh 46 anggota OMK dari berbagai kapela, termasuk 40 orang dari OMK pusat kuasi dan 6 orang dari kapela St. Yohanes Pemandi Nifununa dan kapela St. Andreas Enoana, yang termasuk dalam wilayah kuasi Paroki Siolais.

Ziarah ini dipandu langsung oleh Pastor kuasi Siolais, RD. Marselus Nubatonis. Pukul 10 pagi, rombongan memulai ziarah dengan doa Rosario, yang kemudian diikuti dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor kuasi.

Dalam khotbahnya, Pastor Marsel mengingatkan OMK akan peran penting mereka sebagai penerus Gereja dan masa depan Gereja.

“Orang muda mungkin datang dan pergi di gereja, tetapi kita tidak bisa mengabaikan betapa pentingnya peran mereka dalam gereja. Mereka adalah masa depan gereja,” ujar Pastor Marsel.

Kegiatan ziarah ini menjadi istimewa karena juga bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda yang adalah bukti nyata peran orang-orang muda dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Karena itu tidak lupa, Romo Marsel pun mengajak segenap OMK untuk turut membawa semangat sumpah pemuda itu dalam hidup warga negara Indonesi yang bertanggung jawab.

“Semangat Sumpah Pemuda harus menjadi semangat orang muda Katolik dalam menyebarkan kasih dan kebaikan Tuhan di tengah masyarakat,” lanjut Pastor Marsel, yang juga merupakan Pastor moderator bagi OMK Kuasi Siolais.

Meskipun kegiatan ini diadakan dengan sederhana dan dihadiri oleh kurang dari 50 peserta, namun perayaan Ekaristi berlangsung meriah dengan koor kecil OMK yang menyanyikan hampir semua lagu dalam liturgi. Ketua OMK, Silvester, mengungkapkan rasa syukurnya terhadap kegiatan ini.

“Kami berharap kegiatan ini akan memberikan semangat bagi OMK di Kuasi Siolais dan menjadi inspirasi bagi OMK yang mungkin masih pasif untuk mendekatkan diri kepada gereja, melayani gereja tanpa diminta, dan siap menjadi teladan yang baik di antara umat dan masyarakat,” ungkap Silvester.

Setelah berdoa Rosario dan misa bersama di Gua Maria Nonohonis, rombongan peziarah melanjutkan perjalanan dengan berwisata ke beberapa tempat di kawasan Cagar Alam Mutis, seperti Fatu Nausus, Danau Nausus, dan Bukit Tomenas. Wisata rohani yang dikombinasikan dengan wisata di Cagar Alam ini juga dimaksudkan untuk merayakan ulang tahun dua anggota OMK, Liny dan Henny.

Semua peserta rombongan menyatakan bahwa mereka senang dan menikmati perjalanan tersebut. Acara ini telah memberikan momen berharga bagi OMK untuk memperkuat ikatan kebersamaan dan memperdalam iman mereka sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *