Sabtu, Juli 20, 2024
Berita

Paus Ingatkan: Roh Kudus adalah Tokoh Sentral dalam Sinode para Uskup

Vatikan, 29-10-2023 – Dalam pesan yang disampaikannya pada sesi penutup Sidang XVI Sinode para Uskup, Paus Fransiskus menekankan bahwa tokoh sentral dalam Sinode ini tak lain adalah Roh Kudus. Berbicara dalam bahasa Spanyol, Bapa Suci menekankan peran sentral Roh Kudus dalam Sinode ini dan dalam misi berkelanjutan Gereja.

“Saya ingin mengingatkan Anda bahwa tokoh sentral dalam Sinode ini adalah Roh Kudus, dan oleh karena itu, saya menyarankan Anda untuk membawa pulang teks St. Basilius yang telah disiapkan untuk kita oleh Pastor Davide Piras: teruslah merenungkannya, karena ini dapat membantu kita,” kata Paus Fransiskus.

Dalam pesannya yang disampaikan di Vatikan, pada Sabtu, 28 Oktober 2023 ini, Bapa Suci juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas upaya keras banyak individu yang memainkan peran penting dalam Sinode ini, mengakui komitmen tak kenal lelah mereka terhadap misi Gereja.

“Saya ingin berterima kasih kepada setiap orang di antara kalian atas kerja keras kalian,” katanya, sambil menambahkan, “Kardinal Grech dan Kardinal Hollerich yang telah bekerja denan tekun dalam proses ini, Luis Marín de San Martín, Bapak Giacomo Costa, Pastor Riccardo Battocchio, Giuseppe Bonfrate, Sister Maria Grazia Angelini, Pastor Timothy Radcliffe yang telah berbagi pengetahuan rohani mereka dengan kita, dan kepada semua orang yang bekerja di belakang kita, yang tidak kita lihat tetapi telah membuat semua ini menjadi mungkin.”

“Terima kasih kepada semua dari lubuk hati saya,” demikian Paus Fransiskus mengungkapkan penghargaan mendalamnya untuk upaya kolektif yang membuat Sinode para Uskup ini menjadi perjalanan spiritual yang bermakna.

Sidang XVI Sinode para Uskup ini terasa unik karena dilaksanakan dalam dua sesi, dengan selang waktu setahun di antara keduanya. Sesi pertama berlangsung dari 4 hingga 29 Oktober 2023, dan sesi kedua dijadwalkan pada Oktober 2024. Hal ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk lebih mendalami dan merenungkan isu-isu penting dalam Gereja, dan menunjukkan komitmen Gereja Katolik terhadap proses berkelanjutan dalam menghadapi tantangan spiritual dan teologis di masa depan.

sumber: https://www.vaticannews.va/en/pope/news/2023-10/pope-synod-closing-after-voting-process-remarks1.html

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *