Sabtu, Juli 20, 2024
Berita

“Semoga Anda Selalu Diilhami oleh Cinta Akan Kebenaran”

Roma, 15 Juni 2023 – Dalam pesan yang penuh makna, Santo Paus Fransiskus memberikan inspirasi kepada peserta Sekolah Musim Panas Astronomi Observatorium Vatikan. Paus Fransiskus mengajak mereka untuk menjelajahi luasnya alam semesta dengan penuh kagum dan kebijaksanaan. Ia juga mengapresiasi penemuan-penemuan revolusioner yang dilakukan oleh para astronom dan gambar-gambar menakjubkan yang dikirim oleh teleskop angkasa James Webb yang baru.

Dalam sambutannya, Paus Fransiskus menekankan bahwa alam semesta memiliki daya tarik yang mempesona bagi umat manusia. Ia mengutip ayat dari Kitab Mazmur, “Bila kulihat langit, buatan jari-Mu, bulan dan bintang yang telah Kaudekatkan, apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya, atau anak manusia, sehingga Engkau memperhatikannya?” (Mzm 8:5). Paus mengakui bahwa ukuran alam semesta yang begitu besar dapat menjadi luar biasa bahkan menakutkan. Namun, ia mengajak para peserta untuk menjadikan luasnya alam semesta sebagai sumber kagum yang mendorong mereka untuk memahami dan menghargai aliran data baru.

Paus Fransiskus juga menyoroti pentingnya kebijaksanaan dalam memahami temuan-temuan astronomi. Ia memperingatkan agar para peserta tidak terjebak pada harapan dan dugaan yang sudah ada sebelumnya, melainkan tetap terbuka terhadap kejutan dan penemuan yang tak terduga. Selain itu, beliau juga mengingatkan agar mereka tidak melupakan aspek-aspek penting lain dari realitas, seperti belas kasihan dan kasih.

Paus Fransiskus mengungkapkan kekagumannya terhadap kemampuan manusia untuk mengamati dan mempertanyakan alam semesta. Ia mengutip kembali ayat Mazmur yang menyatakan, “Namun Engkau menjadikan dia sedikit lebih rendah dari Allah, dengan memahkotainya dengan kemuliaan dan kehormatan” (Mzm 8:5-6). Paus berharap agar para peserta tidak pernah kehilangan rasa kagum dalam penelitian mereka dan kehidupan sehari-hari.

Paus Fransiskus memberikan harapan terbaiknya kepada para peserta untuk menjalani masa studi yang bermanfaat dan menjalin persahabatan yang erat. Beliau juga memberikan berkat kepada semua peserta dan memohon doa dari mereka. Pesan ini disampaikan oleh Santo Paus Fransiskus dari Rumah Sakit Gemelli di Roma, tempat beliau sedang dalam masa pemulihan. Pesan penyemangat ini diharapkan akan menginspirasi para peserta Sekolah Musim Panas Astronomi dalam perjalanan mereka untuk mengeksplorasi dan memahami lebih dalam tentang astrofisika dan kebesaran alam semesta.

sumber: https://www.vatican.va/content/francesco/en/messages/pont-messages/2023/documents/20230615-scuola-estiva-astrofisica-specola.html

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *