Minggu, Juni 16, 2024
Berita

Menuju Penahbisan Uskup Agung Kupang, Umat Ikuti Vesper Agung

Kupang, 8/5/024 – Keuskupan Agung Kupang bersiap-siap menyambut penahbisan Uskup Agung baru, Mgr. Hironimus Pakaenoni, yang akan menggantikan Mgr. Petrus Turang. Penahbisan ini dijadwalkan berlangsung pada Kamis (9/5) di Gereja Katolik Kristus Raja Katedral Kupang.

Sehari sebelum upacara penahbisan, umat Katolik Keuskupan Agung Kupang berkumpul di Gereja Katolik Paroki St. Yoseph Naikoten untuk mengikuti Vesper Agung Hari Raya Kenaikan Tuhan. Acara ini meliputi Pengakuan Iman, Sumpah Setia, dan Pemberkatan Insignia Uskup. Vesper Agung dipimpin oleh Uskup Weetebula, Mgr. Edmund Woga, C.Ss.R.

Ratusan imam, biarawan, biarawati, serta umat Katolik dari berbagai wilayah di Keuskupan Agung Kupang menghadiri acara ini. Mereka bergabung dengan para tamu undangan, termasuk 43 uskup dan perwakilan dari beberapa daerah serta negara tetangga, Timor Leste, yang memadati area gereja sejak sebelum perayaan dimulai.

Pada perayaan ini, Mgr. Hironimus menyatakan pengakuan iman dan sumpah kesetiaan di hadapan seluruh umat. Selain itu, insignia atau tanda-tanda lahiriah yang dikenakan oleh seorang uskup juga diberkati.

Dalam khotbahnya, Mgr. Edmund menekankan kehadiran Allah dalam kehidupan umat beriman. Dia menyatakan bahwa Allah hadir dengan berbagai cara dan setelah peristiwa Kenaikan Tuhan, umat harus menantikan kedatangan Roh yang membawa kebenaran dan memampukan mereka untuk mewartakan kebenaran tersebut.

Mgr. Edmund juga mengingatkan umat tentang kemurahan Allah yang penuh kasih, yang memungkinkan manusia yang jauh dari-Nya untuk kembali hidup berdamai dengan-Nya. Dia menegaskan bahwa perutusan Yesus Kristus sebagai pewarta keselamatan membawa damai bagi segala bangsa. Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa perintah Tuhan Yesus kepada para rasul untuk menyebarkan Injil bukan hanya sebuah perintah, tetapi juga disertai janji bahwa Ia akan selalu menyertai umat-Nya hingga akhir zaman.

Mgr. Hironimus memilih motto tahbisannya, yakni “Pasce Oves Meas” yang berarti “Gembalakanlah Domba-Dombaku” (Yoh 21:16). Ia akan menjadi Uskup Agung ketiga setelah Mgr. Gregorius Monteiro SVD dan Mgr. Petrus Turang.

Penahbisan Mgr. Hironimus Pakaenoni diharapkan menjadi tonggak penting dalam perjalanan rohani umat Katolik di Keuskupan Agung Kupang, membawa harapan baru dan semangat bagi seluruh umat katolik di wilayah ini.

 

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *