Sabtu, Juni 15, 2024
Suara Gembala

Bersukacitalah selalu dalam Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus”

Surat Gembala Paskah 2024  –

Saudara-saudari kekasih Yesus Kristus,

Sesudah kita merenungkan dan memantapkan tema APP 2024 tentang “tata kelola ekonomi ekologis“, kita bersyukur dalam sukacita merayakan Hari Raya Paskah, Pesta kebangkitan Tuhan kita Yesus Kristus. Kita bersukacita karena kita mendapat kasih karunia untuk berjumpa kembali dengan wajah Allah yang berbelaskasih, khususnya bagi mereka yang tersingkirkan dalam lingkungan hidup kita: “Haec dies quam fecit Dominus, exultemus et laetemur in ea”.

Kita belajar kembali bagaimana membangun tata kelola hidup sosial ekonomi dalam keseimbangan yang berkelanjutan ekologis secara manusiawi. Kita sadar lagi bahwa hidup kita bertujuan untuk berbagi karya ciptaan Tuhan. Kita membangun hidup manusiawi yang semakin mampu memelihara dan mengembangkan keutuhan ciptaan. Kita menemukan kembali bagaimana mengelola  tata hidup ekonomi yang berkenan kepada Allah dan sesama, agar tiada orang yang berkekurangan.

Keseimbangan sosial ekonomi muncul kembali sebagai sarana pembangunan manusia seutuhnya,di mana keindahan, kebenaran dan kebaikan menjadi mekar sebagai bagian utuh dari “berjalan bersama” di atas muka bumi. Rumah kita Bersama terpelihara dengan baik, agar semua orang dapat menghayati serta menikmati komunikasi sosial ekonomi yang peduli sesama. Dalam kesederhanaan yang mencukupi kebutuhan hidup, kita menghayati kemuridan Kristus dalam cinta kasih.

Saudara-saudari kekasih Yesus Kristus,

Dalam semangat bersaudara ini, kita saling mengucapkan “Selamat Hari Raya Paskah”. Semoga pesta Kebangkitan Tuhan membangkitkan semangat Injil dalam diri kita, khususnya dalam berbagi anugerah sosial ekonomi menurut bingkai kepenuhan hidup sebagai anugerah Tuhan. Kebangkitan Yesus mendorong kita untuk menghadirkan dan menegaskan pengharapan akan tanda-tanda keselamatan dalam tata kelola sosial ekonomi yang berkelanjutan menghormati martabat dalam diri kita sebagai murid-murid Kristus. Kita, ibu-bapa, anak-anak, para remaja, kaum muda, kaum dewasa, biarawan-biarawati dan para imam, bangkit bersama Kristus menghadap wajah Allah yang berbelaskasih dengan hati penuh syukur. Alleluya dan Salve!

 

Kupang, 28 Maret 2024

Salve dan Salam Berkat Paskah,

Mgr.Petrus Turang

Administrator Apostolik Keuskupan Agung Kupang

 

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *