Minggu, Juni 16, 2024
Berita

Uskup se-Indonesia Dipastikan Hadiri Tahbisan Uskup Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni

Kupang, 6/5/2024 – Para Uskup dari seluruh Indonesia dipastikan akan menghadiri pentahbisan Uskup Agung Kupang yang baru, Mgr. Hironimus Pakaenoni, pada Kamis, 9 Mei 2024. Perayaan ekaristi pentahbisan ini akan dilaksanakan di Gereja Paroki Katedral Kristus Raja Kupang. Ketua Panitia Tahbisan Uskup Agung Kupang, Sisilia Sona, mengumumkan hal ini dalam konferensi pers yang diadakan di Aula Yayasan Swastisari Kupang pada Senin (6/5/2024).

Dalam konferensi pers tersebut, Sisilia Sona didampingi oleh Sekretaris Panitia Tahbisan, Romo Erminus Fkun, dan Koordinator Seksi Acara, Romo Fransiskus X. Paut. Sisilia menjelaskan bahwa ada tiga kegiatan utama yang akan dilaksanakan dalam rangkaian pentahbisan uskup baru ini.

Pertama, akan diadakan Ibadat Vesper Agung di Paroki Santu Yoseph Naikoten pada Rabu (8/5/2024) pukul 17.00 WITA. Umat diharapkan dapat hadir dalam misa Vesper Agung ini. Kedua, perayaan ekaristi tahbisan uskup akan dilaksanakan di Gereja Paroki Katedral Kristus Raja Kupang pada Kamis (9/5/2024) pukul 09.00 WITA, yang akan dipimpin oleh Nunsius Apostolik, Mgr. Piero Pioppo. Ketiga, perayaan ekaristi pontifikal akan kembali diadakan di Gereja Katedral Kristus Raja Kupang pada pukul 09.00 WITA yang akan dipimpin oleh Uskup Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni.

Hingga saat ini, 35 uskup dari seluruh Indonesia telah memastikan diri akan hadir dalam perayaan pentahbisan uskup ini, terdiri dari 32 uskup aktif dan 3 uskup emeritus. Selain itu, dua uskup dari Timor Leste, yaitu Uskup Baucau dan Uskup Maliana, juga dipastikan hadir. Uskup Agung Dili yang berhalangan hadir akan diwakilkan oleh Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Dili. Selain itu, akan hadir pula dua Administratur Apostolik, yaitu dari Keuskupan Agung Ende dan Keuskupan Surabaya.

Sisilia Sona menyatakan bahwa persiapan panitia hingga saat ini hampir seratus persen selesai. “Hal-hal yang perlu dibereskan saat ini adalah bagian teknis, seperti pemasangan tenda dan sarana pendukung lainnya,” ujarnya.

Tamu undangan yang akan hadir tidak hanya berasal dari tingkat provinsi tetapi juga dari luar daerah yang termasuk dalam wilayah pelayanan Keuskupan Agung Kupang. Setiap paroki di dalam kota diutus 40 orang, sedangkan paroki dari luar kota Kupang mengutus 5 hingga 10 orang.

Romo Erminus Fkun menjelaskan bahwa setelah perayaan ekaristi tahbisan uskup, akan ada beberapa sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan oleh Uskup Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni, diikuti oleh Uskup Emeritus, Mgr. Petrus Turang, Ketua KWI, Mgr. Antonius Bunjamin, Penjabat Gubernur NTT, Ayodia Kalake, dan Nunsius Apostolik, Mgr. Piero Pioppo. Sisilia dan Romo Erik juga menyebutkan bahwa total undangan dan umat yang hadir sekitar 4.000 orang.

Perayaan ini diharapkan menjadi momen bersejarah dan penuh berkah bagi umat Katolik di Kupang dan seluruh Indonesia.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *