Sabtu, Juli 20, 2024
Berita

Paus Fransiskus: “Mereka yang tidak ingin berdialog, tidak ingin perdamaian!”

Vatikan, 26-11-2023 – Pada doa Angelus hari Minggu, 26 November 2023, yang bertepatan dengan Hari Raya Kristus Raja Alam Semesta yang juga adalah Hari Orang Muda Sedunia (World Youth Day) ke-38, Paus Fransiskus menggambarkan para orang muda sebagai “masa kini dan masa depan dunia,” dan mengundang mereka untuk menjadi “protagonis yang gembira dalam kehidupan Gereja.”

Sambil mengenang tragedi Holodomor di Ukraina, genosida kelaparan yang menimpa jutaan orang Ukraina di bawah Uni Soviet pada tahun 1930-an, Paus Fransiskus menyatakan bahwa “luka yang mengiris itu, alih-alih sembuh, semakin menjadi-jadi oleh kekejaman perang yang terus membuat rakyat menderita,” merujuk pada invasi terus-menerus Rusia ke Ukraina.

Karena itu, Paus Fransiskus mengajak untuk doa yang terus menerus bagi “seluruh umat yang tercabik-cabik oleh konflik.” Paus mengatakan bahwa “doa adalah kekuatan perdamaian yang memecahkan lingkaran setan kebencian, memutus siklus balas dendam, dan menawarkan jalan rekonsiliasi yang tak terduga.”

Tak lupa Paus Fransiskus juga menyinggung tentang apa yang terjadi di Tanah Suci, bersyukur kepada Tuhan atas berhentinya pertempuran antara Israel dan Palestina, serta pembebasan beberapa tawanan dan narapidana yang ditahan oleh pihak-pihak yang bertikai.

Ia memohon doa agar semua dapat dibebaskan secepat mungkin, mendesak kita untuk memikirkan keluarga mereka. Paus juga meminta doa agar bantuan kemanusiaan lebih banyak sampai ke Gaza, sambil menegaskan perlunya dialog. “Mereka yang tidak ingin berdialog,” katanya, “tidak ingin perdamaian!”

Dalam kesempatan yang sama, Paus Fransiskus juga menyampaikan tanggapannya terhadap Konferensi Tingkat Tinggi Iklim Global ke-28 (COP28), yang akan dimulai minggu depan di Dubai. “Selain perang, dunia kita juga terancam oleh bahaya besar lainnya, perubahan iklim, yang membahayakan kehidupan di bumi, khususnya generasi mendatang,” katanya.

Paus Fransiskus akan menjadi Paus pertama yang menghadiri pertemuan COP ketika ia tiba di Uni Emirat Arab pada Jumat, 1 Desember. Ia menyatakan rasa terima kasihnya kepada “mereka yang akan mendampingi perjalanan ini dengan doa mereka,” sambil juga berterima kasih kepada mereka atas “keterlibatan mereka dalam menjaga bumi sebagai rumah bersama kita.”

Sumber: Pope encourages youth to be ‘joyful protagonists’ in the Church

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *