Kamis, Juli 25, 2024
Renungan Harian

Selasa, 17 Oktober 2023

Peringatan Wajib St. Ignasius dr Antiokhia
Lukas. 11:37-41

Penampilan itu selalu menjadi salah satu hal penting dalam berelasi dengan orang lain. Supaya kita dapat diterima dengan baik, kita akan berusaha berpakaian bersih dan rapi, bertutur kata yang santun, dan memperhatikan tata krama yang berlaku. Inilah tuntutan jika kita hendak diterima oleh orang-orang di sekitar kita.

Namun bagaimana dalam relasi kita dengan Tuhan? Ada bahaya bagi orang beriman ketika relasi dengan Tuhan hanya dilihat dari praktik lahiriah saja. Padahal relasi kita dengan Tuhan harus berangkat dari hati. Karena itulah Yesus dalam Injil hari ini mengingatkan kita untuk tidak hanya memperhatikan bagian lahiriah dan melalaikan bagian batiniah.

Yesus menawarkan satu petunjuk praktis – yaitu bersedekah – untuk membersihkan hati dari niat jahat. “Berikanlah isinya sebagai sedekah dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu.” Sedekah yang tulus tentunya akan membersihkan hati. Tetapi, sedekah yang bertujuan untuk mencari pujian hanya akan mengotori hati. Demikian juga dengan praktik keagamaan lainnya. Jika kita melakukannya hanya demi pujian atau karena kebiasaan, maka sia-sialah kebebasan yang kita terima dari Kristus.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *