Sabtu, Juli 20, 2024
Renungan Harian

Kamis, 28 September 2023

Hag. 1:1-8;
Luk. 9:7-9;

Injil hari ini menampilkan betapa cemasnya Raja Herodes mendengar cerita dan berita tentang Yesus. Cinta akan kedudukan, kekuasaan dan popularitas membuatnya merasa cemas, karena sebagai raja, ia merasa tidak boleh ada orang lain yang lebih kuat, lebih hebat dan lebih populer darinya di wilayah kekuasaannya. Karena itulah, cerita baik tentang Yesus yang melakukan begitu banyak hal yang luar biasa, mencemaskan Herodes. Kecemasan ini membuatnya ingin bertemu dengan Yesus.

Kecemasan sebagaimana yang dialami Herodes, kadang juga menjadi kegelisahan dan kecemasan kita. Terutama ketika kita tidak sanggup menerima kenyataan saat mendengar kisah, atau bahkan menyaksikan secara langsung kesuksesan dan kehebatan orang lain. Saat kita terlalu mengutamakan egoisme dan semangat cinta diri, maka kesuksesan dan keberhasilan sesama akan dianggap sebagai ancaman yang menggelisahkan dan memunculkan rasa iri di hati.

Maka marilah kita berkaca pada kecemasan Herodes yang cinta diri dan egois, untuk kemudian menata hidup kita dengan belajar berkorban dari Yesus yang mencintai tanpa perhitungan untung rugi dan mengungkapkan kasihNya secara total sampai memberi seluruh hidupnya demi keselamatan manusia.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *