Jumat, Juli 26, 2024
Berita

Menyongsong HUT ke-39, Seminari St Rafael Selenggarakan Bincang-Bincang Alumni

Oepoi, 23-9-2023 – Menyambut usianya yang ke-39 yang akan jatuh pada 29 September 2023, Seminari Menengah St. Rafael Oepoi (SMASSTRA) menggelar acara bincang-bincang alumni Smasstra. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 23 September 2023 di Aula Seminari Menengah St. Rafael Oepoi, Kupang.

Membuka kegiatan bincang-bincang alumni Smasstra, Rektor Seminari Menengah St. Rafael Oepoi, Kupang, Romo Kristoforus B. Taslulu, Pr, dalam sambutannya menggambarkan acara ini sebagai sebuah momen yang sangat berharga dalam sejarah Smasstra. Di mana kegiatan ini adalah bagian dari moment refleksi perjalanan 39 tahun Lembaga Pendidikan ini dalam menjalankan tugasnya untuk mendidik para calon imam. Dalam sambutannya, Romo Kristoforus juga menyampaikan prestasi dari Seminari St. Rafael Oepoi Kupang yang telah “melahirkan” 197 imam, baik diosesan maupun kongregasi. Selain itu Seminari ini juga telah menghadirkan sekian banyak alumni awam yang kini telah berkiprah dalam pelbagai macam bidang pelayanan.

Acara bincang-bincang yang dipandu oleh Romo Sintus Runesi ini mengundang para imam dan kaum awam yang merupakan alumni Smasstra, serta melibatkan para guru, pembina, dan siswa Smasstra. Kegiatan ini diisi dengan diskusi inspiratif bersama dua narasumber utama, yakni Romo Gerardus Duka, Pr, yang merupakan Vikjen Keuskupan Agung Kupang dan alumni angkatan kedua Smasstra, serta Romo Leonardus Mali, Pr, yang juga merupakan alumni angkatan pertama dan kini menjabat sebagai dosen filsafat di Fakultas Filsafat Universitas Widya Mandira Kupang.

Pada kesempatan ini, Romo Gerardus secara khusus membahas tentang “Prospek Pendidikan Calon Imam di Masa Depan.” Romo Gerardus Duka, Pr, mengungkapkan bahwa lembaga pendidikan, termasuk seminari, memiliki peran penting dalam membentuk pribadi yang manusiawi, rohani, intelek, dan pastoral. Ia menyoroti pentingnya studi filsafat dan teologi dalam membekali calon imam agar dapat membaca tanda-tanda zaman dengan baik.

Selanjutnya, Romo Leonardus Mali, Pr, yang pada kesempatan ini berbicara tentang “Partisipasi Alumni dalam Pendidikan Calon Imam, menekankan pentingnya aspek kemanusiaan yang mempengaruhi seluruh dimensi kehidupan. Ia membagikan pandangannya tentang proses “aggiornamento” yang berkelanjutan dalam hidup seorang imam.

Selain Romo Gerardus dan Romo Leo, Ketua alumni Smasstra, Romo Kristoforus R. Muda, pun turut membagikan pengalaman pribadinya selama berada di Seminari. Dan diakhir sharingnya, sebagai tanda persaudaraan dan kebersamaan alumni Seminari St. Rafael Oepoi Kupang, Pastor Paroki St Gregorius Agung Oeleta ini mengajak semua peserta menyanyikan lagu “Rumah Kita”.

Acara bincang-bincang alumni Smasstra ini ditutup dengan peluncuran Paguyuban Alumni Seminari Menengah St. Rafael Oepoi Kupang sebagai sarana untuk mengukuhkan semangat kebersamaan antara semua alumni demi turut memberikan kontribusi dalam pengembangan lembaga pendidikan calon imam ini di masa datang.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *