Jumat, Juli 26, 2024
Berita

Katekese Pekan II BKSN 2023 Sekami KUB St. Paulus Rasul Diramaikan Dengan Adu Cepat Membuka Kitab Suci

Kaniti, 13/9/2023 – Pekan ke-2 kegiatan Katekese Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) di KUB St. Paulus Rasul, Kaniti, kembali menyajikan momen berharga bagi anak-anak Sekami di wilayah ini. Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, 13 September 2023 ini, jumlah anak-anak yang terlibat dalam katekese mengalami peningkatan dari pekan pertama, yakni sejumlah 26 orang.

Kegiatan katekese yang mendalami subtema “Kasih Allah Memanggil Aku untuk Bertobat,” ini dipimpin oleh Rofina Lokang Leu, yang adalah salah satu aktivis OMK (Orang Muda Katolik) di Stasi St. Markus Kaniti. Dan yang bertugas sebagai pemimpin doa adalah Ardo Talan.

Katekese untuk anak-anak memang memiliki pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan katekese untuk orang dewasa. Kegiatan ini dikemas dengan gaya yang lebih santai dan praktis. Selama pendalaman teks, Rofina Lokang Leu selaku fasilitator mengajak peserta untuk memahami teks kitab suci dan menghubungkannya dengan pengalaman mereka di rumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti katekese ini, bahkan ada yang membagikan pengalaman mereka yang mirip dengan kisah Nabi Yunus. Mereka mengungkapkan perasaan jengkel dan marah kepada Tuhan karena Tuhan mengasihi orang Niniwe yang berdosa. Beberapa anak mengaku merasa seperti Nabi Yunus, jengkel dan marah ketika teman-temannya yang berbuat salah masih diberi kesempatan untuk bertobat dan mendapat pengampunan.

Kegiatan katekese hari itu ditutup dengan permainan seru, yaitu adu cepat membuka teks kitab suci. Sesuai tradisi, sesi ini selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para peserta. Mereka bersaing untuk melihat siapa yang lebih cepat dalam menemukan teks kitab suci yang diminta. Selain seru karena harus bersaing siapa yang lebih cepat buka teks Kitab Suci, juga karena teks yang menjadi soal adu cepat ini masing-masing berhadiah.

Pada sesi adu cepat membuka teks Kitab Suci ini, yang keluar sebagai pemenang adalah Vika, Iva, Marsa, Mawar, dan Laetitia. Masing-masing dari mereka berhasil mengungguli peserta lain dalam menemukan teks yang diminta. Yang menarik, teks yang paling lama ditemukan oleh peserta berasal dari kitab Pengkhotbah, sementara teks yang paling cepat ditemukan berasal dari injil.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Lan Hokor, Ketua Bidang Liturgi di KUB St. Paulus Rasul, yang sekaligus menjadi pendamping sekami di KUB ini.

Dengan semangat yang tinggi dan antusiasme anak-anak yang semakin berkobar, BKSN di KUB St. Paulus Rasul, Kaniti, terus menjadi tempat yang penuh inspirasi untuk pendalaman iman bagi anak-anak Sekami. Diharapkan, kegiatan seperti ini akan terus memupuk kecintaan mereka akan Kitab Suci.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *