Jumat, Juli 26, 2024
Renungan Harian

Selasa, 12 September 2023

Kolose 2:6-15;
Lukas 6:12-19;
Injil hari ini menampilkan semacam rangkuman dari karya Yesus Bersama dengan para rasul. Setelah dipilih oleh Yesus, para rasul menjalankan karya pewartaan bersama dengan-Nya. Karya mereka terjadi di bermacam daerah, ada banyak orang yang datang kepada mereka. Yesus menyembuhkan orang-orang yang sakit dan juga mengusir roh-roh jahat. Penginjil Lukas mengatakah bahwa ada ‘kuasa’ yang keluar dari Yesus, dan semua orang disembuhkan.

Secara tertentu, kita bisa mengatakan Yesus berkarya bersama dengan team-Nya. Yesus tidak berkarya sendirian, Dia melibatkan 12 rasul dalam karya-Nya. Mereka saling membantu, meneguhkan, dan berjalan bersama. Yesus menyeleksi mereka, memilih, membekali, mengajar, dan melibatkan mereka dalam seluruh karya pewartaan-Nya.

Sebagai orang-orang yang telah dibaptis, kita pun bisa memasukkan nama kita ke dalam bilangan team Yesus. Atau malahan kita bisa meniru apa yang dilakukan Yesus dan para murid-Nya. Dalam segala bidang karya kita, lebih-lebih dalam usaha untuk menghadirkan kebaikan di tengah dunia. Kita mempunyai tugas masing-masing. Kita juga perlu untuk membentuk team untuk karya kita. Bekerja bersama team akan menghasilkan buah yang baik.

Mungkin ada banyak tantangan yang bisa terjadi dengan bekerja sebagai team. Namun hal itu bukanlah alasan untuk mengerjakan semuanya sendiri, tanpa peduli dengan orang lain. Bisa jadi bahwa karya menjadi baik dengan kerja sendiri. Tetapi pastilah karya yang lebih besar membutuhkan team yang besar pula. Maka membangun semangat kerja sama menjadi kebutuhan kita di manapun dan kapanpun.
Dalam kebersamaan itu, saling terbuka, saling percaya, dan bertanggung jawab adalah kunci untuk maju bersama. Lebih-lebih saling mendoakan sesama anggota team menjadi kebutuhan terdalam dalam karya pelayanan kita.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *