Kamis, Juli 25, 2024
Renungan Harian

Jumat, 8 September 2023

– Pesta Kelahiran SP Maria
Mi. 5:1-4a atau Rm. 8:28-30;
Mzm. 13:6ab,6cd;
Mat. 1:1-16,18-23;

Hari ini Gereja merayakan “Pesta kelahiran Santa Perawan Maria”. Di dalam Liturgi Gereja Katolik, kita memperingati hari kelahiran tiga pribadi yang penting dan sangat berpengaruh bagi hidup iman kita. Kita mengenang kelahiran St. Yohanes Pembaptis pada tanggal 24 Juni, kelahiran Bunda Maria pada hari ini 8 September dan kelahiran Yesus Kristus pada tanggal 25 Desember.

Memang tidak ada data-data biblis tentang kelahiran Maria, namun Gereja Katolik menjunjung tinggi tradisi-tradisi yang dapat dipakai sebagai sumber untuk mempertegas iman dan kepercayaan kita. Pesta ini sesungguhnya menunjukkan betapa Gereja mengasihi dan menghormati Bunda Maria sebagai wanita yang punya peranan besar di dalam karya keselamatan Allah. Karenanya, yang terpenting dalam perayaan ini bukanlah ketepatan hari kelahiran Maria, tetapi ungkapan iman Gereja akan Maria sebagai perempuan yang ditentukan Allah untuk mengandung dan melahirkan Yesus Sang Putera Allah ke tengah dunia.

Dengan merayakan pesta ini, Gereja mengajak kita untuk meneladani Maria dalam hidup sehari-hari, terutama meneladani ketaatan dan kerelaannya bekerjasama dengan kehendak Allah demi keselamatan umat manusia. Sebab setiap kita pun dalam tugas dan kapasitas masing-masing, sebenarnya adalah pribadi-pribadi yang dipanggil dan diutus Allah untuk mewartakan rahmat keselamatan-Nya ke tengah dunia.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *