Sabtu, Juli 20, 2024
Berita

Katekese Inspiratif Sekami KUB St. Paulus Rasul dalam Merayakan BKSN 2023

Kupang, 7/9/2023 — Bertempat di rumah bapak Elfridus Nahak, anak-anak Sekami KUB St. Paulus Rasul, Stasi Kaniti, Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui, mengisi kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2023 dengan melakukan katekese bersama. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu, 6 September 2023 ini diikuti oleh 15 anak Sekami, dan juga turut ambil bagian dalam katekese ini 2 anak Sekolah Minggu.

Kegiatan katekese yang mendalami subtema “Kasih Allah Menggerakkan Evangelisasi Diri” ini menjadi kesempatan istimewah bagi anak-anak Sekami KUB ST Paulus untuk merenungkan dan memahami bagaimana kasih Allah hadir dalam hidup mereka. Secara khusus melalui berbagai pengalaman hidup di tengah keluarga, di antara teman-teman, dan juga di sekolah.

Setelah dibuka dengan doa yang dibawakan oleh Iva Ndaeng, Lan Hokor selaku pemimpin katekse mengajak anak-anak Sekami untuk saling berbagi pengalaman hidupnya, terutama tentang bagaimana akibat dari melawan perintah Allah yang hadir secara kelihatan melalui orang tua, para guru, dan sesama yang dijumpai dalam hidup sehari-hari.

Untuk membantu merenungkan subtema di pekan pertama ini, tak lupa Lan Hokor pun mengajak anak-anak Sekami yang hadir dalam katekese ini untuk mendengarkan bacaan Kitab Suci yang diambil dari Kitab Yunus 1:1-17. Dan yang dipercayakan untuk membacakan teks Kitab Suci adalah Marsa Amsikan.

Agar suasana katekese yang berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam ini menjadi tidak monoton, anak-anak yang hadir juga diajak untuk bersama menyanyikan lagu Kisah Nabi Yunus di dalam perut ikan. Para peserta pun dengan semangat dan antusias menyanyikan lagu tersebut, sehingga tercipta momen katekese yang penuh kegembiraan.

Sebelum ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Iva Ndaeng, para peserta katekese diajak untuk mengikuti lomba membuka teks Kitab Suci, di mana peserta ditantang untuk membuka 5 teks yang telah ditentukan dengan cepat dan akurat. Lomba ini memacu konsentrasi dan pengetahuan Kitab Suci para peserta. Juara dalam lomba ini adalah Iva, Mawar, Marsa, Lilis, dan Vica, yang masing-masing berhasil membuka teks dengan cepat dan tepat.

Bapak Elfridus Nahak selaku tuan rumah kegiatan katekese ini mengungkapkan kebahagiannya atas keaktifan anak-anak dalam katekese ini. Sebagai orang tua, beliau berharap agar melalui kegiatan ini, pemahaman anak-anak tentang iman dan kecintaan mereka pada Kitab Suci akan menjadi semakin kuat.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *