Sabtu, Juli 20, 2024
Berita

Umat KUB St Thomas Aquinas Adakan Katekese BKSN 2023 Minggu Pertama

Kupang, 6/9/2023 – Dalam rangka menyambut Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2023, Kelompok Umat Basis St. Thomas Aquinas Wilayah II Paroki Kristus Raja Kupang mengadakan Katekese Minggu Pertama pada hari Selasa, 5 September 2023. Kegiatan yang dipandu oleh Evi Lemba, seorang fasilitator dan relawan Kitab Suci Keuskupan Agung Kupang ini berlangsung di kediaman Ketua KUB, Mama Rosa Klau, dengan diikuti oleh 13 peserta, terdiri dari orang tua, mahasiswi, dan guru.

Sebelum memulai katekese, Evi Lemba selalu fasilitator terlebih dahulu memberikan beberapa panduan tentang proses katekese, termasuk penjelasan singkan sepuat tema BKSN 2023 dan empat sub tema yang akan didalami selama bulan September ini. Adapun tema umum Bulan Kitab Suci Nasional 2023 adalah: “Allah Sumber Kasih dan Keselamatan”. Tak lupa dalam kesempatan ini, Evi Lemba pun memberikan sedikit penjelasan tentang siapakah tokoh Nabi Yunus dan apa yang diwartakannya melalui teks yang akan direnungkan dalam katekese pekan pertama dan kedua BKSN 2023.

Dengan menggunakan metode Lectio Divina, para peserta katekese di minggu pertama ini diajak untuk merenungkan subtema “Kasih Allah Menggerakkan Evangelisasi Diri,” yang terinspirasi dari Kitab Yunus 1:1-17. Dalam kesempatan ini, para peserta pertama-tama di ajak untuk membaca teks Kitab Suci, dan kemudian mendalaminya dengan menjawab beberapa pertanyaan penuntun terkait teks yang didalami. Setelah itu para peserta pun diberi kesempatan untuk menceritakan atau menanggapi kisah ini dari sudut pandang mereka masing-masing.

Kasih Allah yang dirasakan dalam Sabda Allah yang didalami dan direnungakan secara bersama ini lalu menginspirasi para peserta katekese untuk berbagi pengalaman hidup mereka masing-masing. Beberapa di antaranya juga berbicara tentang berbagai tantangan yang mereka hadapi dalam perjuangan untuk mengevangelisasi diri. Melalui berbagi pengalaman ini, para peserta katekese pun merasa diteguhkan untuk kembali menjalani hidup mereka berdasarkan Sabda Allah, yang diawali dengan ketekunan untuk membaca dan merenungkan Kitab Suci.

Mengakhiri kegiatan katekese pekan pertama ini, para peserta pun diberi kesempatan untuk bertanya tentang beberapa hal terkait Kitab Suci. Menjawabi pertanyaan-pertanyaan ini, fasilitator pun mencoba memberikan beberapa penjelasan singkat terkait Kitab Suci yang dipakai dalam Gereja Katolik, di antaranya tentang Kitab Suci Perjanjian Lama, Perjanjian Baru, dan Kitab Deuterokanonika. Di sini Evi Lemba juga coba meluruskan pemahaman yang keliru tentang Kitab Deuterokanonika.

Di akhir sesi ini, Evi Lemba pun mengutip pesan dari St. Hironimus: “Ketika kita Berdoa, Tuhan mendengarkan kita berbicara. Ketika kita membaca Kitab Suci, kita mendengarkan Tuhan berbicara.” Pesan ini kiranya menjadi pengingat akan pentingnya menjalani hidup berdasarkan ajaran Kitab Suci.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *