Sabtu, Juli 20, 2024
Berita

Uskup Agung Kupang Berkati Gereja St. Martinus Naibonat

Kupang, 4 Agustus 2023 – Suasana kegembiraan dan sukacita menyelimuti perayaan pemberkatan Gereja Katolik St. Martinus Naibonat yang berlangsung pada Jumat, 4 Agustus 2023. Misa pemberkatan yang dipimpin oleh Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, menjadi momen bersejarah bagi umat Katolik di Kabupaten Kupang, khususnya umat yang ada di Stasi St. Yohanes Maaria Vianney Naibonat. Sebab gedung gereja yang terletak di kompleks asrama TNI ini menjadi saksi dari perjalanan panjang pembangunan dan dedikasi umat dalam mewujudkan tempat ibadah yang indah dan bermakna.

Misa pemberkatan Gereja Katolik St. Martinus Naibonat ini dihadiri pula oleh para tokoh penting, termasuk Bupati dan wakil bupati Kabupaten Kupang, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Kupang, imam-imam dari berbagai paroki, biarawan-biarawati, serta para undangan lain yang turut berbahagia dalam momen bersejarah ini.

Dalam homilinya, Mgr. Petrus Turang menyampaikan pesan penting tentang arti sejati gereja sebagai tempat berkumpulnya umat dalam cinta dan kebersamaan. Beliau mengajak semua pihak yang terlibat dalam pembangunan gereja ini untuk menjadikannya sebagai tempat yang mewakili nilai-nilai toleransi dan keharmonisan antarumat beragama.

“Gereja St. Martinus Naibonat hendaknya tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga simbol persatuan dan toleransi bagi umat beragama di wilayah ini,” ujar Mgr. Petrus Turang.

Salah satu sorotan khusus dalam perayaan ini adalah hadirnya rumah ibadah dari lima agama yang saling berdampingan di kompleks asrama TNI tersebut. Keberadaan gereja Katolik, masjid, gereja Protestan, pura, dan vihara menjadi bukti konkret tentang semangat kerukunan dan kerjasama antarumat beragama dalam membangun suasana harmoni.

Selain itu, pada kesempatan ini Mgr. Petrus Turang juga mengumumkan pembentukan Kuasi Paroki baru, yakni Kuasi Paroki St. Leonardus Raknamo. Kuasi Paroki ini juga akan menaungi wilayah stasi Santo Yohanes Maria Vianney, tempat di mana Gereja St. Martinus Naibonat berdiri. Keputusan ini bertujuan untuk lebih mengakomodasi pertumbuhan umat Katolik di wilayah ini dan memastikan pelayanan pastoral yang lebih baik bagi umat.

Perayaan pemberkatan Gereja St. Martinus Naibonat tidak hanya merupakan tonggak bersejarah bagi komunitas Katolik setempat, tetapi juga menjadi inspirasi bagi semua umat beragama tentang pentingnya kerukunan, toleransi, dan persaudaraan dalam membangun masyarakat yang harmonis dan berdampingan dengan damai.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *