Sabtu, Juli 27, 2024
Renungan Harian

Sabtu, 29 Juli 2023

– Peringatan Wajib St. Marta, Maria dan Lazarus
Yohanes 4:7-16
Yohanes 11:19-27 atau Luk. 10:38-42

Hari ini Gereja memperingati Santa Marta, Maria, dan Lazarus. Gereja memperingati ketiganya dengan tujuan mengingatkan kita akan peristiwa Lazarus yang dibangkitkan Yesus. Penginjil Yohanes mengisahkan, bukan hanya Lazarus yang memperoleh kebangkitan badan, melainkan juga Marta dan Maria yang mengalami kebangkitan rohani. Mereka mengalami pembaruan iman. Keyakinan bahwa Yesus adalah kebangkitan dan hidup menjadi amat nyata di dalam pengalaman hidup mereka. Melalui mereka kita juga diingatkan akan hubungan yang agung dan penuh kasih yang Tuhan bagikan dengan sahabat-sahabat dan orang-orang terdekat-Nya.

Melalui kisah kebangkitan St Lazarus dari kematian, kita diingatkan untuk tidak perlu takut pada apa pun karena Tuhan akan selalu berada di sisi kita, dan kita akan selalu dijaga dan dilindungi Tuhan. Kematian Lazarus dan kebangkitannya oleh Tuhan menunjukkan kepada kita bahwa tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah, dan bahkan dosa dan maut pun tidak dapat melakukan itu, karena Allah, Penguasa dan Penguasa hidup dan mati, berkuasa atas segala sesuatu.

Dari kisah bagaimana Martha dan Maria menyambut Tuhan ke tempat mereka, kita belajar tentang apa artinya mengabdikan diri kepada Tuhan, dengan segenap hati dan perhatian kita. Hal ini sebagai pengingat kita bahwa kadang-kadang hidup kita terombang-ambing dan terganggu oleh banyak hal dan keterikatan yang dapat membawa kita ke dalam kegagalan kita untuk mengenali Hadirat Tuhan dalam hidup kita. Atau kita menjadi begitu sibuk dan asyik melakukan hal-hal dalam hidup kita, bahkan kita melupakan Tuhan dan lupa untuk menghabiskan waktu bersama-Nya.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *