Sabtu, Juli 20, 2024
Renungan Harian

Kamis, 27 Juli 2023

Keluaran 19:1-2.9-11.16-20b;
Matius 13:10-17.

Mencari, menemukan, dan membagikan nilai-nilai kehidupan adalah panggilan dan perutusan dari setiap orang beriman. Proses hidup setiap orang beriman tidak hanya mengkonsumsi saja, tetapi harus berani untuk terus mencari-menemukan dan membagikan warta yang diterimanya. Hanya dengan cara begitulah hidup kita menjadi semakin berharga dan bermakna. Jika hanya terima jadi, tentu diri kita tidak akan pernah berlajar, dan oleh karenanya iman kita pun tidak akan berkembang.

Yesus melalui perumpamaan-perumpamaan yang disampaikan-Nya mengajak pendengarnya, termasuk kita sekalian untuk berani menggali secara lebih dalam, berpikir secara lebih bebas, dan menemukan yang terbaik dari berbagai pilihan yang mungkin terjadi. Perumpamaan adalah kisah yang membumi dengan makna ilahi. Makna perumpamaan tidak hanya berhenti pada rumus matematis yang mati dan pasti. Dengan mencari dan menggali maknanya, hidup kita pun akan menjadi semakin teruji. Nilai-nilai kebaikan yang ditemukan akan lebih bertahan lama dan menjadi milik kita, serta membuat kita semakin sanggup mengenal kehendak Allah dan semakin dekat dengan Dia.

Melalui baptisan kita telah diangkat menjadi orang yang istimewa dalam relasi dengan Yesus. Pertanyaannya adalah apakah kita telah mengenal dia secara mendalam? Apakah kita mempunyai relasi dekat dengan-Nya. Mari kita membuka hati agar kita semakin mengenal pribadi Yesus dan ajaran-ajaran-Nya.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *