Sabtu, Juli 27, 2024
Renungan Harian

Selasa, 25 Juli 2023

Pesta St. Yakobus Rasul (Merah)
2 Korintus 4:7-15; Matius 20:20-23

Hari ini kita merayakan pesta St. Yakobus-Rasul. Ia adalah kakak laki-laki dari Rasul dan Penginjil St. Yohanes, dan keduanya adalah putra Zebedeus si nelayan.

St Yakobus termasuk di antara para Rasul pertama yang dipanggil oleh Yesus, bersama dengan St Yohanes saudaranya, St. Petrus dan St. Andreas. St Yakobus juga dianggap sebagai salah satu yang paling dekat dengan Yesus seperti yang ditunjukkan di seluruh Injil bahwa dalam banyak kesempatan, dia bersama dengan St. Petrus dan St. Yohanes, adik laki-lakinya, sering berada di sisi Tuhan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika dalam Injil hari ini, ibu dari St. Yakobus dan St. Yohanes datang kepada Yesus untuk meminta posisi kehormatan bagi anak-anaknya. Namun permintaan ini digunakan Yesus untuk mengajarkan para murid-Nya tentang apa artinya menjadi pengikut-Nya. Yesus menunjukkan bahwa mengikuti Dia adalah jawaban positif terus-menerus untuk meminum ‘cawan’ perjuangan, cawan pengorbanan sebagaimana Yesus sendiri yang taat sampai akhir. Dan itu dijalani bukan demi sebuah pujian kemuliaan pribadi, tetapi demi kebaikan dan keselamatan umat manusia.

Kisah St Yakobus mengingatkan kita bahwa kita masing-masing juga telah dipanggil oleh Tuhan untuk mengikuti Dia, dan itu berarti kita berjalan di jalan-Nya dan menempatkan Dia di pusat kehidupan kita, bukan untuk mencari kemuliaan dan kekuasaan duniawi, atau ketenaran atau pengaruh, atau kesenangan dan kemudahan bagi kita. Sebaliknya, mengikut Yesus memang bukan tentang diri kita sendiri, tetapi tentang bagaimana kita bisa mengabdi kepada-Nya dan menaati kehendak-Nya melalui setiap perkataan, tindakan, dan perbuatan kita dalam hidup. Mengikuti Yesus adalah tentang bagaimana kita menunjukkan kasih kita kepada sesame melalui pelayanan kita bagi sesama.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *