Sabtu, Juli 20, 2024
Berita

IYD 3 Palembang Resmi Ditutup: Sampai Jumpa Di IYD 4 Sorong 2028

Kamis, 29 Juni 2023 adalah hari keempat dan sekaligus puncak dari seluruh rangkaian selebrasi Indonesian Youth Day (IYD) ke 3 yang berlangsung sejak 26 Juni 2023 di Kompleks Jakabaring Sport City Palembang. Setelah diawali dengan dialog dari hati ke hati untuk mewujudkan rencana tindak lanjut sebagai aksi nyata IYD 2023 Palembang dan peneguhan lewat sharing kisah pengalaman para tokoh inspiratif, kegiatan di hari keempat ini ditutup dengan Perayaan Ekaristi, yang juga adalah Misa penutupan IYD 2023.

Perayaan Ekaristi penutupan IYD 2023 ini dipimpin oleh Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC. Ia didampingi oleh sejumlah uskup, antara lain Uskup Agung Palembang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono; Uskup Agung Medan, Mgr. Kornelus Sipayung OFMCap; Uskup Pangkalpinang, Mgr. Adrianus Sunarko OFM; dan Uskup Emeritus Palembang, Mgr. Aloysius Sudarso SCJ. Perayaan Ekaristi ini dihadiri oleh semua peserta IYD dan puluhan imam, biarawan, dan biarawati.

Dalam homilinya, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin mengutip kisah hidup pribadi-pribadi yang menghadapi keterbatasan fisik, seperti Tony Melendes, untuk mengajak para peserta IYD bangkit, bergerak, dan memberikan kesaksian hidup meski dihadapkan pada berbagai keterbatasan dan tantangan. Beliau menekankan bahwa Tuhan memberikan contoh nyata kepada kita bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang untuk menjadi berkat yang menginspirasi banyak orang.

Setelah Perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan closing ceremony, yang menampilkan sambutan dan pentas seni dari setiap regio, yaitu Regio Nusa Tenggara, Regio Papua, Regio Manado, Amboina, dan Makassar (MAMS), Regio Jawa, Regio Kalimantan, dan Regio Sumatera.

Sebagai penanda penutupan IYD 3, Uskup Agung Palembang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono, selaku tuan rumah, menyerahkan Salib IYD kepada Ketua Komisi Kepemudaan KWI, Mgr. Pius Riana Prapdi. Mgr. Pius Riana Prapdi menerima Salib IYD sebagai simbol perpindahan tuan penyelenggara kepada Keuskupan Sorong, Manokwari Papua, yang akan menjadi tuan rumah IYD 4 pada tahun 2028.

Penutupan IYD 3 Palembang 2023 menjadi momen yang menggembirakan dan penuh harapan. Para peserta IYD merasakan kehangatan persaudaraan dalam menjalani seluruh rangkaian acara IYD, di samping mendapatkan pengetahuan, inspirasi, dan semangat untuk menjadi saksi hidup yang berarti bagi dunia. Dengan penyerahan Salib IYD kepada Keuskupan Sorong, Manokwari Papua, semangat dan misi IYD akan terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi Orang Muda Katolik Indonesia dalam upaya membangun kehidupan beriman yang kuat dan bermakna.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *