Sabtu, Juli 20, 2024
Berita

Umat KUB St. Paulus Rasul Kaniti Kembali Adakan Katekese Prapaskah Minggu II

Kaniti, 24/2/2024 — Bertempat di rumah Bapak Elfridus Sasi, umat KUB St. Paulus Rasul Kaniti mengadakan katekese Prapaskah Minggu ke-2. Peserta yang hadir dalam pertemuan ini tidak sebanyak Minggu lalu, hanya 17 orang dewasa. Tetapi hal ini tidak mengurangi semangat dari para peserta untuk mendalami tema kali ini, “Membangun Ekonomi Solidaritas”.

Katekese diawali dengan ajakan dari Sr. Maria Densi, ASP, yang bertindak sebagai fasilitator dalam pertemuan kali ini, agar para melihat kenyataan hidup di lingkungan sekitar yang berkaitan denga tema yang dibahas. Para peserta diajak untuk mengamati bagaimana ekonomi dibangun sehingga dampaknya tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri atau kelompok tertentu, melainkan untuk kepentingan bersama.

Suster yang baru saja pindah dan menetap di Kaniti kurang lebih 3 bulan ini pun mengajak peserta untuk aktif dalam pertemuan katekese. “Bapak dan ibu harus bisa membagi pengalaman, khususnya para ibu, bagaimana kiat-kiat membangun ekonomi keluarga untuk kepentingan bersama dalam keluarga”, tegasnya dengan nada santai.

Dalam kesempatan ini, Sr. Maria Densi tidak hadir sendiri. Ia ditemani oleh seorang calon suster untuk konggregasi Angelic Sisters of Saint Paul (ASP) atau yang lebih dikenal dengan konggregasi suster-suster malaikat dari Santo Paulus, novis Ulfa.

Selain berbagi pengalaman, peserta juga diajak untuk mendalami teks kitab suci dari kitab Kejadian, tentang kisah penciptaan manusia dan taman Eden (Kej. 2:4-15). Sekali lagi peserta diajak untuk membaca dan melihat isi teks kitab suci, dan membagikan kesan dan pesan juga pengalaman yang berkaitan dengan teks KS, kepada peserta lainnya. Beberapa di antara peserta yang memilih ayat yang sama sebagai ayat yang berkesan, tetapi punya pengalaman yang berbeda.

Katekese ditutup dengan rencana aksi nyata dari kelompok. Aksi nyata yang disepakati adalah berbagi kepada salah 1 keluarga yang terkena musibah kebakaran rumah di daerah Matani. Rencananya aksi nyata ini akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 27 Februari 2024 dengan melibatkan semua umat KUB, baik yang tidak hadir dalam katekese maupun yang hadir.
Katekese menjadi wadah untuk berbagi pengalaman dan menciptakan pengalaman berbagi untuk sesama di sekitar kita.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *