Kamis, Juli 25, 2024
Berita

Kelompok Umat Basis Santo Paulus Kaniti Adakan Katekese Prapaskah 2024

Kaniti, 17/2/2024 — Umat katolik di Kelompok Umat Basis (KUB) Santo Paulus Kaniti memaknai masa prapaskah 2024 dengan mengadakan kegiatan katekese prapaskah. Adapun tema yang direnungkan serta didalami dalam keseluruhan kegiatan katekese ini adalah “Membangun Ekonomi Ekologis”, yang adalah juga tema Aksi Puasa Pembangunan (APP) 2024 tingkat Keuskupan Agung Kupang.

Pada katekese pekan pertama ini, dengan dibantu oleh Suster Sinta Nona selaku fasilitator, secara khusus Umat KUB Santo Paulus Kaniti mendalami sub tema “Membangun Ekonomi Demi Kesejahteraan Bersama”. Dengan gayanya yang khas, Suster Sinta, yang adalah lulusan Stipas Keuskupan Agung Kupang tahun 2023, mengajak semua peserta untuk berpartisipasi aktif dalam katekese ini dengan berbagi pengalaman dan refleksi terkait tema yang didalami.

Salah seorang peserta katekese, Bapak Paulus Lokang, mensharingkan bagaimana impiannya sejak dulu adalah berusaha hidup lebih baik dari orang-orang di kampungnya, sehingga ia memilih untuk merantau. Dan dalam perantauan inilah ia kemudian merasa “tertangkap” untuk menjadi aktivis/ pelayan gereja di Stasi Kaniti, khususnya pada masa-masa awal hadirnya gereja Katolik di Kaniti.

Peserta lainnya, Bapak Ndaeng Benyamin memulai sharing pengalamannya dengan memberi pertanyaan reflektif kepada peserta, kenapa kita bekerja keras dari dulu sampai sekarang tetapi tidak menjadi kaya tarus? Bapak Darius Alen juga tak ketinggalan membagikan kisah hidupnya, mulai dari bekerja sebagai seorang pemulung lalu menjadi kondektur, hingga akhirnya memiliki pekerjaan tetap sebagai sopir truk dan hidup bahagia bersama keluarganya. Semua usaha ini dilakukannya adalah semata-mata demi kesejahteraan ekonomi keluarga.

Kegiatan katekese yang berlangsung dengan penuh keakraban ini ditutup dengan ajakan suster Sinta agar semua peserta bisa membuat aksi nyata terkait tema katekese yang didalami. Dan setelah dibahas Bersama, aksi nyata yang disepakati adalah menanam pohon buah-buahan di sekitar halaman gereja, dengan tujuan agar hasilnya nanti bisa dinikmati oleh semua umat dan juga bisa menunjang perekonomian Stasi.

Kegiatan katekese pekan pertama prapaskah 2024 yang dilaksanakan dilaksanakan di rumah kediaman Bapak Vincentius Sasi ini ternyata menghadirkan kesan positif dari para peserta. Bapak Feri Amsikan dengan senyum sumringah mengungkapkan kegembiraannya mengikuti katekese.

“Tadinya saya malas mau datang ikut katekese, tapi tiba-tiba saya tergerak untuk mencoba hadir. Ternyata katekese ini asik dan seru juga. Semoga minggu depan banyak umat yang mau hadir supaya lebih seru lagi”, ungkap pria yang kesehariannya sebagai sopir untuk jasa angkut bahan bangunan.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *