Sabtu, Juli 20, 2024
Berita

Paus Fransiskus Ajak Pemimpin Agama Bersatu untuk Perdamaian dan Iklim di COP28

Vatikan City, 3/12/2023 – Dalam pesannya yang disampaikan saat peresmian “COP28 Faith Pavilion”, Paus Fransiskus, meskipun tidak dapat hadir secara langsung karena sedang dalam pemulihan kesehatan, mengajak para pemimpin agama untuk berkolaborasi dalam mencari perdamaian dan tindakan iklim.

Pesan Paus, disampaikan melalui Sekretaris Negara Vatikan Pietro Parolin, menyoroti signifikansi historis Faith Pavilion, yang menandai pertama kalinya paviliun keagamaan didirikan dalam konferensi perubahan iklim PBB.

“Paviliun ini menjadi bukti keinginan untuk bekerja bersama,” ungkap Paus Fransiskus dalam pesan video. Ia menekankan kebutuhan mendesak akan aliansi yang tidak bersifat konfrontatif tetapi mendukung semua, menyatakan, “Sangat mendesak bahwa agama, tanpa jatuh ke dalam perangkap sincretisme, memberikan contoh yang baik. Bekerja bersama, bukan untuk kepentingan sendiri atau pihak tertentu, tetapi untuk kepentingan dunia kita.”

Mengidentifikasi perdamaian dan iklim sebagai perhatian utama, Sang Paus mendesak para perwakilan agama untuk memberikan contoh dengan menunjukkan bahwa perubahan positif dapat dicapai melalui gaya hidup berkelanjutan dan hormat.

“Marilah kita mendesak para pemimpin bangsa untuk menjaga rumah bersama kita,” deklarasi Paus Fransiskus, dengan menekankan pentingnya memperhatikan jeritan kaum miskin dan yang paling lemah dalam masyarakat. Ia menegaskan tanggung jawab moral para pemimpin, menyatakan bahwa tindakan mereka harus bersesuaian dengan nilai-nilai ilahi.

Sebagai tanda persatuan dan komitmen, Paus Fransiskus, bersama perwakilan dari berbagai kepercayaan, menandatangani deklarasi bersama selama peresmian Faith Pavilion. Deklarasi ini bertujuan untuk memanfaatkan pengaruh kolektif komunitas keagamaan dan lembaga keagamaan untuk menginspirasi keadilan iklim secara global.

Sebagai kesimpulan, Paus memperpanjang undangan kepada semua individu, tanpa memandang agama mereka, untuk menjaga penciptaan dan melindungi rumah bersama yang kita semua huni, dengan menekankan pencarian kehidupan harmonis yang ditandai oleh perdamaian dan tanggung jawab lingkungan. Paus Fransiskus tetap menjadi pembela vokal untuk konvergensi antara kepercayaan dan tindakan untuk mengatasi tantangan mendesak zaman kita.

Adapun Faith Pavilion merupakan koalisi mitra agama, didedikasikan untuk keterlibatan komunitas agama dan akan menjadi tuan rumah panel dengan para pemimpin agama, ilmuwan, dan pemimpin politik, serta mendorong dialog antargenerasi yang melibatkan pemuda dan perwakilan masyarakat adat.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *