Sabtu, Juli 20, 2024
Berita

Pembukaan PKSN di Keuskupan Atambua: Membangun Literasi Digital dalam Komunikasi Sosial

Kefamenanu, 18 Mei 2023 – Pekan Komunikasi Sosial Nasional (PKSN) 2023 resmi dibuka di Keuskupan Atambua dengan menghadirkan utusan dari Komsos-Komsos Keuskupan di seluruh Indonesia. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 18 hingga 22 Mei 2023 di Kota Kefamenanu. Pembukaan PKSN ini ditandai dengan misa yang dipimpin oleh Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku, di Kapel Biara Soverdi Noemeto.

Setelah misa, rangkaian kegiatan yang mengambil tema “Berbicara dengan Hati” ini secara simbolis kemudian dibuka oleh Ketua Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr. Kornelius Sipayung, OFMCap, dengan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya PKSN 2023. Selain itu, acara pembukaan juga ditandai dengan penanaman pohon Komsos di depan Kapel Biara Soverdi Noemeto sebagai simbol keberlanjutan dan penghormatan terhadap lingkungan.

Selesai misa dan seremonial pembukaan, PKSN dilanjutkan dengan seminar nasional yang berfokus pada literasi digital. Seminar ini menghadirkan tiga narasumber ahli di bidangnya. Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit, Uskup Atambua Mgr. Dr Dominikus Saku, dan Ibu Rosaria Niken Widiastuti dari Dewan Pengawas Perum Produksi Film Negara (PFN) mewakili Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) hadir sebagai narasumber dalam seminar tersebut. Kegiatan seminar nasional ini dilaksanakan di Hotel Liveri Kefamenanu.

Seminar nasional tentang literasi digital ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta PKSN mengenai penggunaan teknologi digital yang bertanggung jawab dan memberdayakan dalam komunikasi sosial. Melalui pandangan para narasumber yang ahli di bidangnya, peserta diberikan wawasan dan strategi untuk mengatasi tantangan serta memanfaatkan potensi positif literasi digital dalam membangun hubungan dan menyampaikan pesan yang efektif.

PKSN di Keuskupan Atambua ini diharapkan mampu menjadi ajang inspirasi dan pembelajaran bagi para utusan Komsos-Komsos Keuskupan dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini juga sejalan dengan visi dan misi Keuskupan Atambua dalam memperkuat komunikasi sosial yang lebih baik dan bermakna di tengah perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat.

Berbagai kegiatan dan acara lainnya masih akan berlangsung selama PKSN berlangsung. Keuskupan Atambua berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang berharga dan meningkatkan kompetensi peserta PKSN dalam bidang komunikasi sosial dan literasi digital.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *