Sabtu, Juli 20, 2024
Renungan Harian

Kamis, 24 Agustus 2023

– Pesta St. Bartolomeus, Rasul;
Why. 21:9b-14;
Yoh. 1:45-51.

Hari ini Geraja merayakan Pesta St. Bartolomeus, Rasul. St Bartolomeus berasal dari Kana di Galilea, dan dalam injil Yohanes ia dikenal dengan nama Natanael. Sebagai seorang Israel, ia pada awalnya mempertanyakan identitas Yesus: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Ia tampak skeptis, tidak mudah percaya. Meskipun demikian, dia adalah orang yang berpikiran terbuka, karenanya dia mengikuti Filipus untuk melihat siapa Yesus itu.

Perjumpaan dengan Yesus kemudian mengubah cara pandang Natanael. Ia berubah dari pribadi yang skeptic menjadi pribadi beriman. Ia sungguh percaya kepada Yesus yang telah mengenalnya dengan cara yang ajaib. Kepercayaan ini membuat ia mendapatkan anugerah yang lebih besar lagi: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.” Iman memampukannya untuk menyaksikan mukjizat Tuhan yang lebih besar lagi, yaitu kemuliaan Sang Anak Manusia.

Bartolomeus, atau Natanael, memulai kemuridannya dengan situasi penuh tanya dan keraguan. Namun ia mendapat kesempatan dari Yesus untuk “datang dan melihat.” Ia mendapat kesempatan untuk menyaksikan sendiri apa dan siapa Yesus itu. Keterbukaannya menanggapi ajakan Filipus untuk datang dan melihat sosok Yesus, menjadikannya sebagai seorang rasul yang setia hingga akhir.

Seperti Bartolomeus, kita pun diajak untuk membuka diri pada undangan untuk berjumpa dengan Yesus, untuk mengalami sapaan-Nya yang menyelamatkan, sehingga kita pun dimampukan-Nya untuk beralih dari keraguan menuju kepada iman yang sejati.

Marilah kita mohon doa St. Bartolomeus Rasul, agar mampu memperbaharui komitmen kita kepada Tuhan melalui tindakan, perkataan dan perbuatan kita.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *