Kamis, Juli 25, 2024
Renungan Harian

“Apakah kamu tidak mau pergi juga?”

Sabtu, 29 April 2023
Peringatan Wajib St. Katarina dr Siena
Kis. 9:31-42
Yohanes 6:60-69

Injil hari ini mengisahkan bagaimana pengajaran tentang Roti Hidup membuat banyak pengikut Yesus meninggalkan Dia. Pengajaran yang tidak mudah dimengerti, tidak mudah ditangkap dan tidak umum terjadi, membuat banyak orang mulai berpikir ulang untuk mengikuti Yesus. Dan dampaknya bahwa banyak orang yang tadinya sudah mengikuti Yesus akhirnya memilih untuk meninggalkan Dia.

Dalam situasi yang demikian, Yesus lalu menantang keduabelas rasul-Nya, “Apakah kamu tidak mau pergi juga?” Yesus menantang totalitas mereka sebagai murid. Moment banyak murid yang meninggalkan Yesus karena ketidakmampuan memahami ajaran-Nya, justru digunakan Yesus sebagai saat yang tepat untuk memperdalam komitmen para murid, saat yang baik untuk menantang para murid mengambil sikap dan keputusan hendak meninggalkan Yesus atau mengikuti-Nya. Jawaban Petrus sebagai wakil murid-murid yang lain menunjukkan komitmen para murid untuk tetap setia. “Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal; dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah”.

Pada hari ini Yesus juga bertanya hal yang sama kepada kita. Maka, saatnya kita pun mulai bertanya pada diri kita sendiri, Mengapa saya masih beriman pada Kristus? Apakah sekadar karena terlahir Katolik? Apakah hanya untuk menjaga suasana damai dalam keluarga yang semuanya Katolik? Ataukah ada sebuah kesadaran lebih yang melampaui itu semua, kesadaran akan Yesus Kristus sebagai jaminan keselamatan abadi bagi kita.

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *