Sabtu, Juli 20, 2024
Suara Gembala

Pesan Paskah 2023 Uskup Agung Kupang


Kepada yang terhormat dan terkasih para imam, biarawan-biarawati, serta umat Katolik sekalian se-Keuskupan Agung Kupang di tempat.

Saudara-saudari terkasih,
Selamat Paskah! Yesus bangkit! Iman akan Yesus bangkit adalah pusat Iman Kristiani. Kita bersyukur atas pesta kebangkitan, karena pemulihan hidup manusia yang tetap rapuh hadir tertebus seutuhnya dalam perjalanan bersama seluruh ciptaan. Kita bergembira atas daya keseimbangan ekologis, karena Tuhan Bangkit menyertai dan menjamin perjalanan hidup kita: “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Mt. 28:20).

Dengan merayakan Iman akan kebangkitan Kristus, kita berani dan siaga untuk melakukan perbuatan-perbuatan baru, seraya “mendengarkan Dia” dan “bangun lagi tanpa takut” untuk berjalan bersama menuju keadilan ekologis: antara lain Kemanusiaan (berantas kemiskinan serta perdagangan orang, anti narkoba, kompetensi kerja), Polusi (kelola sampah, jaga hutan, ternak sehat, energi terbarukan dan tanam bambu), Kesehatan (pulih kekerdilan, ikut operasi timbang dan gizi seimbang), Keragaman hayati (tiada bakar lahan, kurangi bahan kimiawi, tiada bom ikan, tani organik) dan Daya tahan lingkungan (AMDAL tambang, tebang pilih kayu, jaga kebersihan selokan dan kelola sampah rumah tangga, tanam pohon, sadar bencana). Semangat paskah mendorong kita untuk memelihara keberlanjutan lingkungan hidup, agar keutuhan ciptaan yang bermartabat semakin menjadi daya hidup untuk menghadirkan tanda-tanda Kerajaan Allah.

Keluarga dan komunitas iman kita mendapat sentuhan baru untuk melangkah dalam upaya menggerakkan peradaban ciptaan yang bermartabat dan bahagia secara seimbang. Kita teguh dan bertekad untuk berlaku adil terhadap seluruh ciptaan yang dianugerahkan Tuhan demi kebaikan bersama. Iman akan Kristus bangkit memberanikan kita untuk berlaku secara berbeda dalam melestarikan ekologi manusiawi dan keutuhan ciptaan dengan martabat masing-masing.

Alleluya! Semoga kebangkitan bersama Kristus meneguhkan serta memperkaya penghayatan Iman Kristiani dalam bingkai sinodalitas dan solidaritas yang terlaksana dalam tanggung jawab bersama demi kebersamaan hidup yang bermartabat, bersaudara, rukun dan berkelanjutan secara manusiawi. Marilah kita saling menopang dalam kerja sama yang terbuka, inovatif, proaktif dan efektif demi keutuhan lingkungan hidup yang sarat dengan nilai-nilai berbagi secara rukun dalam generasi sekarang yang berkelanjutan hingga generasi akan datang. Salve!

Salam dan Berkat Paskah
Mgr. Petrus Turang
Uskup Agung Kupang

Bagikan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *